Kamis, 16 Juni 2022

SCRATCH ? GIMANA CARA MEMAKAINYA YA??

Halo haloo
Hari ini aku mau menjelaskan cara memakai scratch

Scratch itu apa sih?
Scratch merupakan bahasa pemrograman berbasis visual gratis yang memungkinkan Kamu untuk membuat program tanpa harus memikirkan salah-benar penulisan sintaks
Hanya dengan melakukan drag and drop sebuah blok warna pada modul, Scratch dapat dijalankan dengan mudah tanpa harus menguasai bahasa pemrograman yang rumit
Keterangan :
1. Menu
Kamu dapat membuat suatu project baru atau membuka project yang sudah Kamu simpan sebelumnya dan juga menyimpan project yang akan dikerjakan dikemudian hari. Disini Kamu juga dapat mengatur bahasa.

2. Deskripsi Block
Disisi kiri, Kamu akan melihat baris kode atau biasanya disebut dengan scripts yaitu sekumpulan blok blok perintah yang akan digunakan untuk memprogram. Setiap blok kode tersebut memiliki fungsi seperti, memberi perintah gerakan, tampilan, suara, kejadian, kontrol, sensor, operator, variabel, atau balok saya.

-Gerakan (motion), di gunakan untuk menggerakan atau perintah sprite, misalnya untuk memberi perintah "move 10 step" yaitu memberi perintah kepada si kucing atau sprite untuk melakukan 10 langkah.
-Tampilan (looks), yaitu digunakan pada segala sesuatu yang berhubungan dengan tampilan program. misalnya mengganti kostum pada sprite.
-Suara (sound), yaitu memiliki fungsi untuk memberikan suara pada sprite maupun stage. Misalnya, memberikan suara pada kucing dan memberi backsound pada program.
-Kejadian (events), berfungsi untuk mengatur script atau baris kode pada sprite untuk berjalan. Misalnya saja, ketika bendera (warna hijau) di klik, maka semua script atau kode akan berjalan.
-Kontrol (control), digunakan untuk mengontrol kode agar berjalan. Contohnya repeat 10 yang artinya ulangi script di dalam repeat sebanyak 10 kali.
-Sensor (pendeteksi), berfungsi untuk mendeteksi suatu objek.
-Operator, berfungsi untuk melakukan operasi matematika.
-Variabel, berfungsi untuk mengatur variabel.
Dibagian custom, Kamu dapat mengatur tampilan dari sprite. Contohnya, mengganti kustom sprite dll.

3. Script Area
Ini adalah tempat Kamu untuk membuat script atau baris kode terhadap sprite yang akan Kamu tampilkan

4. Canvas
Script atau baris kode yang sudah Kamu rancang akan berjalan atau tampil pada canvas atau secara singkat dapat dikatakan tempat dimana sprite akan beraksi. Didalam canvas ini ada logo bendera warna hijau dan lingkarang merah ini memiliki fungsi untuk mem-play dan stop program.

5. Sprite
Sprite adalah gambar atau objek yang akan di program. Gambar dari sprite default adalah kucing orange, Kamu juga bisa mengganti gambar kucing ini dengan gambar yang lain. Sprite ini berisikan script atau baris kode perintah yang di rancang agar menjadi interaktif, seperti bergerak, memiliki suara, dan lain lain.

Credit to : https://www.paltycox.com/2021/02/cara-membuka-penggunaan-aplikasi-scratch.html

Nah nah
Kalian mau coba bikin game kan
Ini tutorial nya ya :DD
https://youtu.be/1jHvXakt1qw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rangkuman Algoritma Pemrogaman

 Hai hai semuanyaa Aku Moira Freyanoufa Azzalea kelas 8E absen 13 dan hari ini aku mau menjelaskan tentang algorima dan pemrogamannya yaa Ap...